Rabu, 08 Oktober 2014

Penyebab Insomnia




Insomnia adalah gangguan tidur di mana seseorang secara terus-menerus mengalami kesulitan tidur atau bangun terlalu cepat. Insomnia kadang-kadang juga berhubungan dengan kondisi-kondisi fisik, seperti keletihan yang hebat, perubahan perlengakapan-perlengkapan tidur, perubahan-perubahan makanan utama sehari-hari dan juga pemakaian obat perangsang yang berlebihan.


Insomnia sering kali dilihat sebagai simtom orang dewasa, tetapi ditemukan juga pada anak-anak dan apabila tetap berlangsung, maka harus dilihat sebagai gangguan emosi yang berat. Gangguan tidur yang kadang terjadi pada anak-anak boleh dianggap sebagai reaksi terhadap kesulitan dan tekanan hidup yang rutin. Suatu gangguan tidur yang berat dan lebih sulit ditangani adalah apnea tidur (sleep apnea) yakni pernapasan terhenti untuk sementara.

Berikut ini ada beberapa penyebab insomnia selain faktor psikologis yang mendominan penyebab insomnia itu sendiri, diantaranya adalah :

Faktor-faktor psikologis yang menyebabkan insomnia adalah kegelisahan, ketakutan, perasaan bersalah, dan perasaan cemas atau stress sebagai antisipasi terhadap peristiwa-peristiwa yang akan datang.

Jika diambil garis besarnya, faktor penyebab insomnia, yaitu:

1. Stress atau kecemasan seperti didera kegelisahan yang dalam, biasanya karena memikiran permasalahan yang sedang dihadapi.

2. Depresi. Selain menyebabkan insomnia, depersi juga bisa menimbulkan keinginan untuk tidur terus sepanjang waktu karena ingin melepaskan diri dari masalah yang dihadapi. Depresi bisa menyebabkan insomnia dan sbaliknya insomnia menyebabkan depresi.

3. Kelainan-kelainan kronis. Kelainan tidur seperti tidur apnea, diabetes, sakit ginjal, arthritis atau penyakit yang mendadak seringkali menyebabkan kesulitan untuk tidur.

4. Efek samping pengobatan. Pengobatan untuk suatu penyakit juga dapat menjadi penyebab insomnia.

5. Pola makan yang buruk. Mengkonsumsi makanan berat sesaat sebelum pergi tidur bisa menyulitkan anda jatuh tidur.

6. Kafein, nikotin, dan alkohol. Kafein dan nikotin adalah zat stimulan. Alkohol dapat mengacaukan pola tidur anda.

7. Kurang berolahraga juga bisa menjadi faktor sulit tidur yang signifikan.

Penyebab insomnia pada wanita bisa terjadi akibat mereka sedang hamil atau karena memasuki masa menopause. Untuk wanita yang berusia sekitar 40-50 tahun ke atas merupakan masa-masa perimenopause terjadi, dan dimasa tersebut maka wanita akan mengalami berbagai gejala menopause. Salah satu gejala menopause yang menyerang adalah susah tidur insomnia. Hal ini akan membuat mereka menjadi susah tidur di malam hari, atau jika terbangun di malam hari maka mereka akan susah untuk mendapatkan tidur mereka kembali.

Selain itu juga penyebab insomnia secara umum yang sering terjadi akibat karena beberapa hal yang sering terjadi di kehidupan kita adalah suatu aktivitas seperti :

#Jet lag karena bepergian dari arah timur ke barat.

# Bekerja di malam hari atau untuk pekerja dengan shift malam
Jadwal kerja yang tidak teratur.

#Menggunakan alkohol dengan berlebihan.

#Kerusakan yang terjadi pada otak misalnya adalah esenfalitis, stroke, dan penyakit Alzheimer.

Insomnia para abg sekarang disebabkan dari galau, mau ngga insomnia ? Jangan galau terus harus bisa move on. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar